I  

INFO PENTING

Home | Bidang Pengembangan

WORKSHOP PENGEMBANGAN KOMPETENSI ASN & SOSIALISASI INDEKS PROFESIONALITAS ASN DILINGKUNGAN PEMPROV JATIM TAHUN 2019

Selasa, 02 April 2019 - 14:09:30 WIB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Bidang Pengembangan - Dibaca: 505 kali

Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Workshop Pengembangan Kompetensi ASN dan Sosialisasi Indeks Profesionalitas ASN dilingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur Tahun 2019. Kegiatan dilaksanakan pada tgl 28-29 Maret 2019 di Hotel ASTON Banyuwangi serta dihadiri pengelola kepegawaian dari masing-masing perangkat daerah dilingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Pengembangan kompetensi menjadi hal yang sangat dibutuhkan  dalam mendukung sistem merit penyelenggaraan pemerintahan baik pusat maupun daerah. Menurut pasal 203 PP 11 Tahun 2017 bahwa pengembangan kompetensi adalah upaya pemenuhan kebutuhan kompetensi PNS dengan standar kompetensi jabatan dan rencana pengembangan karir PNS. Maka sebagai tindak lanjut, Kepala LAN menerbitkan Peraturan LAN-RI Nomor 10 Tahun 2018 tentang Pengembangan Kompetensi PNS. Untuk mendukung kebijakan tersebut, LAN-RI telah membuat aplikasi SIPKA (Sistem Informasi Pengembangan Kompetensi ASN).

Selanjutnya Menteri PAN-RB RI telah menerbitkan Permen PAN-RB Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN. Ada 4 (empat) indikator yang menjadi acuan dalam pengukuran IP-ASN yaitu kualifikasi, kompetensi, kinerja dan disiplin. Hal ini menjadi sangat penting karena nantinya IP ASN akan menjadi IKU (indikator Kinerja Utama) bagi Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur mulai tahun 2020. 

Anom Surahno (Kepala BKD Prov. Jatim) pada acara pembukaan kegiatan ini mengutarakan bahwa “Dengan jumlah PNS Pemprov Jatim saat ini 49.629 orang, menjadi pekerjaan kita bersama yang harus dilakukan dengan kerja keras terkait pengelolaan kepegawaian dilingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mewujudkan program yang dicanangkan oleh Ibu Gubernur yaitu Jatim CETTAR (Cepat, Efektif & Efisien, Tanggap, Transparan dan Responsif), Kami harap pekerjaan mulia ini bisa kita  jalankan dengan baik dan tetap saling berkoordinasi secara berkesinambungan”.[gb]

Download Materi