Home / Bidang Perencanaan Pengadaan Pengolahan Data & SI

LIPUTAN - Rapat Pengadaan Seleksi CPNS 2019 bersama Kanreg II BKN Surabaya

 

Surabaya, 03 Oktober 2019 – Pemerintah Provinsi Jawa Timur menindaklanjuti  Pengadaan Seleksi CPNS 2019 dalam waktu dekat, oleh sebab itu, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur bersama dengan seluruh BKD Kabupaten/Kota se Jawa Timur mengadakan rapat mengenai hal ini.

Diselenggarakan pada hari Kamis, 03 Oktober 2019, acara yang bertempat di Graha Abdi Praja ini dipimpin langsun oleh Hasyim Asyhari, S.Sos., M.Si., selaku Kepala Bidang Perencanaan, Pengadaan, Pengolahan Data dan Sistem Informasi. Bersama beliau, datang nara sumber BKN Kanreg II Surabaya, Anang Dhohir dan Purdjianta yang turut membantu menjelaskan tentang apa-apa yang perlu dipersiapkan untuk seleksi tahun ini.

Dalam acara ini, ditekankan bahwa untuk instansi daerah harus memberikan jenis formasi khusus, seperti diaspora, cumlaude, putra-putri papua, dan disabel. Hasyim menjelaskan untuk formasi disabel kemungkinan akan diadakan perubahan, karena ada permintaan dari asosiasi.

“Teman-teman dari asosiasi disabel meminta untuk tidak dimasukkan ke dalam formasi khusus pada saat Rakornas Kepegawaian bulan lalu, mereka mengatakan bahwa ingin berkompetisi di formasi umum, namun tentu saja keputusan ini ada di Menpan sehingga kita tidak bisa mengetok palunya,” tukas Hasyim.

Selain itu, dibeberkan pula bahwa Permenpan-permenpan yang menjadi dasar Seleksi CPNS harus dikeluarkan terlebih dahulu sebelum giat nasional ini diadakan. Hal ini diharapkan dapat mengurangi kesalahan yang mungkin akan terjadi dan bisa merugikan banyak pihak, baik itu peserta maupun instansi.

Soal anggaran pun dibahas kali ini, karena adanya kemungkinan untuk lintas tahun dalam pelaksanaan Seleksi CPNS. Pudjianta menjelaskan bahwa Kemenkeu memberikan kelonggaran untuk merevisi anggaran hingga minggu kedua bulan Oktober 2019. Beliau pun menjelaskan bahwa Depdagri akan membantu untuk hal ini.

Sebagai penutup, Anang Dhohir menjelaskan panjang lebar tentang persiapan barang-barang yang harus ada ketika seleksi nanti. Mulai dari toilet portable (bila dilakukan di tempat umum), desain pengumuman cetak dan elektronik, sewa laptop atau PC yang diinformasikan sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari karena yang melakukan CPNS tidak hanya Jawa Timur, dan yang tidak kalah penting adalah pengumuman kebijakan dan juga pembentukan Tim Panselda. (ath)



Baca Juga