I  

INFO PENTING

Home | Artikel ASN

LIPUTAN - BKPSDM Kota Palembang Konsultasi Implementasi Sistem Merit di Pemprov Jawa Timur

Rabu, 16 Oktober 2019 - 14:31:10 WIB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Artikel ASN - Dibaca: 1174 kali

Surabaya, 16 Oktober 2019 – BKD Provinsi Jawa Timur kembali kedatangan tamu dari luar provinsi, kali ini yang hadir adalah BKPSDM Kota Palembang. Mereka datang untuk berkonsultasi mengenai implementasi sistem merit di lingkungan pemerintah provinsi Jawa Timur.

Acara yang dibuka oleh Kepala Bidang Mutasi, Sumarijanto, S.H, ini berlangsung pada pukul 09:00, bersamanya hadir Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Formasi, Danar A., S.Sos, serta Kepala Sub Bidang Penyusunan Standar Kompetensi, Andayani S., M.Psi. Dihadiri oleh lebih dari 10 orang, studi banding ini berlangsug hingga pukul 12:30.

Berdasar UU ASN No. 5 Tahun 2014, merit sistem hadir untuk menyempurnakan kualifikasi, kompetensi dan kinerja dari ASN. Sehingga, dibentuklah Sembilan kriteria sistem merit dijelaskan secara gamblang di kegiatan ini. Mulai dari standar kompetensi hingga kepemilikan system informasi berbasis kompetensi yang dapat diakses oleh seluruh ASN. Dalam penjelasannya pun, manajemen karier juga dibeberkan di studi banding ini. Tidak lupa juga dijelaskan mengenai TPP yang berubah perhitungannya setiap tahun. Bila tahun ini didasarkan pada 70% disiplin dan 30% kinerja, maka tahun depan akan dirubah menjadi 60% disiplin dan 40% kinerja, hingga pada akhirnya tahun 2022 diproyeksikan kinerja memiliki porsi lebih besar dari disiplin, yakni 60%.

Hal lain juga diutarakan apakah absen finger sudah link dengan aplikasi kinerja, seperti disampaikan bahwa BKD Kota Palembang pernah mengadopsi aplikasi Sistem Manajemen Kepegawaian dari Pemda Tanggerang dimana sudah online dengan aplikasi layanan SAPK BKN Pusat. Maka dari itu layanan kepangkatan berbasis paperless dipastikan sudah berjalan efektif dan efisien.

Kemudian mereka juga sempat tertarik dengan layanan mandiri pada E-master bahwa setiap ASN diharapkan bisa melakukan update sendiri hasil perolehan diklat serta acara-acara berbentuk pengembangan kompetensi yang akhirnya bisa menambah kualitas data ASN.

Studi banding ini ditutup dengan pemberian cinder mata dari BKD Provinsi Jawa Timur kepada teman-teman dari BKPSDM Kota Palembang. (ath/dns)