Home / Bidang Pengembangan

MAGANG CALON ASSESSOR PANGKAL PINANG DI KEGIATAN ASSESSMENT BKD JATIM

       Ada yang berbeda di kegiatan assessment yang saat ini memasuki gelombang 4, UPK BKD Prov Jatim diberikan kepercayaan untuk membimbing calon assessor SDM Aparatur dari BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kota Pangkal Pinang Provinsi Bangka Belitung  untuk magang di kegiatan assessment BKD Prov Jatim, sebelumnya Badan Pusat Statistik (BPS) dan BKN Kanreg II Surabaya juga telah mengirimkan calon assessor untuk magang di UPK BKD Prov Jatim. “Saya akan memanfaatkan waktu dengan baik untuk menyerap ilmu tentang assessment, mumpung saya punya kesempatan bergabung dengan UPK BKD Prov Jatim”, terang Nara Syifa Saputri, S.Psi calon assessor dari BKPSDM Kota Pangkal Pinang. Bahkan dalam waktunya selama satu minggu di BKD Prov Jatim, Nara –begitu Ia dipanggil– juga tertarik untuk mengetahui inovasi pelayanan maupun manajemen kepegawaian yang berbasis IT dan online sebagai oleh-oleh tambahan untuk dibawa pulang ke BKPSDM Kota Pangkal Pinang.

       Di sisi lain Assessment bagi jabatan pengawas (eselon IV) dilingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah memasuki gelombang ke 4, dilaksanakan pada tanggal 18-20 April 2017 bertempat di Aula BKD Prov Jatim. Dengan pembagian 150 perserta tiap gelombang, sehingga 600 orang dari total 1.446 pejabat pengawas (eselon IV) telah mengikuti kegiatan assessment. Kegiatan ini akan terus berlanjut dan ditargetkan selesai pada tahun 2017.

       Kegiatan assessment sangat penting dilakukan, karena ditujukan untuk memetakan profil kompetensi yang dimiliki oleh PNS, pada tahun ini dikhususkan untuk PNS yang menduduki jabatan pengawas (eselon IV) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Pelaksanaan kegiatan assessment tersebut menggunakan multi metode yang dituangkan dalam beberapa simulasi dan wawancara untuk menggali kompetensi yang dimiliki oleh peserta serta didukung oleh data peminatan dan hasil psikotes.

       Assessment tersebut dilaksanakan oleh Unit Penilaian Kompetensi (UPK) yang merupakan bagian dari Bidang Pengembangan BKD Prov Jatim. Dibentuk sebagai penggerak dalam setiap pelaksanaan kegiatan assessment, UPK BKD Prov Jatim diketuai oleh Andayani Sri Orbana Hutami, S.Psi, M.Psi yang saai ini menjabat sebagai Kasubbid Penyusunan Standar Kompetensi pada Bidang Pengembangan, sebelumnya adalah assessor madya.

      Upaya untuk menjaga dan meningkatkan profesionalitas dalam penyelenggaraan layanan dan manajemen kepegawaian selalu menjadi komitmen BKD Jawa Timur, salah satunya dalam hal ini adalah pelaksanaan assessment. Sehingga hasil yang diperoleh pun maksimal sesuai dengan yang diharapkan dalam mewujudkan sistem merit dan pola karir yang tepat bagi PNS dilingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. (gb_pengembangan)



Baca Juga