I  

INFO PENTING

Home | Sekretariat

KUNJUNGAN KEPALA BKN KE BKD PROVINSI JAWA TIMUR

Kamis, 20 April 2017 - 21:30:50 WIB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Sekretariat - Dibaca: 624 kali

     Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur hari ini menerima kunjungan dari Kepala Badan Kepegawaian Negara Dr. Ir. Bima Haria Wibisana, MSIS. Dalam kunjungan tersebut Siswo Heroetoto, SH, M.Hum, MM Kepala BKD Prov Jatim mengenalkan aplikasi manajemen ASN terpadu elektronik (e-master). Program berbasis digital ini merupakan inovasi terbaru yang diluncurkan oleh BKD Prov Jatim. “Aplikasi seperti ini belum dimiliki oleh daerah lain, karena datanya bergerak terus dan terintegrasi dengan data kepegawaian kabupaten/kota se Jawa Timur”  terang Heru sapaan akrab kepala BKD Prov Jatim, Kamis (20/4).

     Dengan adanya program ini, kata dia, PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dapat mengakses dan memperbarui data kepegawaianya kapan dan dimana saja cukup dengan menggunakan smartphone atau handphone android selama terkoneksi dengan jaringan internet. Sehingga dengan adanya e-master ini semakin mempermudah dalam penyelenggaraan pelayanan kepegawaian.

     Pada pertemuan tersebut, mantan direktur Bappenas itu tertarik untuk mengetahui keunggulan aplikasi e-master terutama dalam hal manajemen karier PNS. “Dimana kita bisa tahu kompetensi seorang PNS dari aplikasi itu?”tanya dia. Maka tanpa ragu pertanyaan itupun dijawab “di dalam e-master ada menu manajemen karier, kami sudah memasukkan data hasil assessment dan bisa dilihat kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing PNS” ujar mantan Kepala Bakorwil Madiun itu sambil menunjukkan data kompetensi bidang miliknya yang terdapat pada e-master.

     E-master adalah aplikasi one for all atau satu untuk semua, selain kelengkapan data pegawai dilingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur terdapat di dalamnya, aplikasi ini juga berisikan menu layanan kepegawaian online. Dalam memberikan pelayanan kepegawaian, BKD Prov Jatim telah menerapkan pelayanan paperless, karena semua data kepegawaian dan jenis pelayanannya telah terintegrasi dalam satu aplikasi berbasis teknologi informasi yang terhubung dalam jaringan internet. Sehingga dapat memangkas alur birokrasi, proses pelayanan lebih cepat dan dapat diakses kapan saja maupun dimana saja.

     Heroetoto menyampaikan bahwa aplikasi e-master ini tidak menutup kemungkinan untuk diperluas pengunaannya ke BKD Kabupaten/Kota demi mendukung terintegrasinya data kepegawaian se jawa timur, sekalipun begitu banyak biaya dan tenaga yang harus dikucurkan selama pembentukan e-master. “Kalau begitu saya gak perlu bikin aplikasi baru  lagi, cukup copy dari aplikasi ini” ucap Bima Haria Sambil berpamitan keluar dari ruang pertemuan. Hal ini menunjukkan bahwa e-master dapat dijadikan pedoman dalam menerapkan Manajemen Kepegawaian sampai ke tingkat nasional.

     BKD Prov Jatim akan terus berinovasi dan mengembangkan pola manajemen kepegawaian untuk mendukung terciptanya sistem merit yang menjadi amanat dari Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Begitu juga pada layanan kepegawaian yang diberikan yang semakin hari semakin mudah, murah dan transparan.[gb]