I  

INFO PENTING

Home | Sekretariat

DWP BKD Prov . Jatim Berbagi Kepedulian dan Kebahagiaan

Jumat, 16 Juni 2017 - 10:37:30 WIB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Sekretariat - Dibaca: 340 kali

Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu seluruh umat. Karena di bulan suci itulah segala pahala dilipat gandakan. Seakan tak mau melewatkan moment berharga ini, Dharma Wanita Persatuan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur mengadakan kegiatan Bhakti Sosial ke salah satu UPT Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, yaitu Panti Tresna Werdha yang bertempat di Pandaan – Pasuruan. Kegiatan yang merupakan program kerja DWP BKD Prov. Jatim tahun 2017 ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 15 Juni 2017.


Suasana hangat menaungi ruangan pertemuan UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Pasuruan. Rombongan Pengurus DWP BKD disambut oleh para Yangkung dan Yangti yang dipandu oleh para pengasuh yang merupakan PNS panti tersebut. Dengan suara sedikit bergetar perwakilan memimpin Sholawat dan juga Mars Lansia. Tampak semangat mereka walau lansia tetapi mereka tidak jompo. Mereka masih bisa berdayaguna. Sangat mengharukan ketika dibacakan sebuah puisi oleh salah seorang kakek lanjut usia yang mengisahkan surat untuk anaknya. Moment ini benar-benar menguras emosi dan air mata rombongan DWP yang hadir. Semua tertunduk seakan terbawa akan kisah para lansia mengapa dan bagaimana hingga bisa berada di panti tersebut.
Pihak panti dan para lansia yang hadir menerima sumbangan dengan penuh suka cita. Mereka merasakan betapa spesialnya kedatangan tamu untuk berbagi kasih dengan mereka. Karena sebagian besar dari mereka terlantar, kurang sentuhan keluarga. Di panti itulah mereka hidup bersama-sama. Penghuni panti itulah keluarganya.
Sumbangan yang diberikan berasal dari seluruh anggota DWP BKD Prov. Jatim yang dengan sukarela menyisihkan sebagian rizkinya untuk diberikan ke Panti Werdha tersebut. Adapun jenis sumbangan yang terkumpul berbentuk uang dan dibelanjakan beberapa item barang yang sebelumnya telah dikoordinasikan dengan pihak panti, agar barang yang dibawa sesuai dengan kebutuhan para lansia di panti tersebut. Bantuan diberikan dalam bentuk : diaper dewasa, sabun mandi, alat cukur elektrik, waffer kaleng, abon sapi, dan amplop berisi uang yang dibagikan kepada sejumlah 107 lansia di panti werdha tersebut. Selain sumbangan dari anggota DWP BKD pada kesempatan yang berbahagia tersebut juga dibagikan parcel berisi snack yang merupakan sumbangan pribadi Ibu Nungky Siswo Heroetoto, Ketua DWP BKD Prov. Jatim.


Acara dilanjutkan dengan peninjauan secara langsung dari wisma ke wisma. Kepala UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha ikut mengantar rombongan DWP BKD, yang juga menyapa para lansia yang tidak bisa hadir di ruang pertemuan karena keterbatasan fisiknya. Kondisi yang sangat memprihatinkan. Tak sedikit dari para lansia itu yang hanya bisa terbaring. Sudah tidak bisa berbuat apa-apa tanpa bantuan para pengasuh yang dengan sabar mengurus mereka. Kehadiran rombongan Pengurus DWP BKD ini seakan menjadi tetesan embun yang menyegarkan bagi mereka. Tampak keinginan mereka untuk menyapa rombongan walau hanya dengan senyum yang terkembang.
Adzan Dzuhur seakan mengingatkan kami saatnya untuk berpamitan. Waktu istirahat untuk para Yangkung dan Yangti. Semoga kegiatan sosial seperti ini bisa menjadi kegiatan rutin untuk meningkatkan kepedulian sosial anggota DWP BKD Prov. Jatim. (dien)