I  
Home | Bidang Pengembangan

ASSESSMENT JABATAN PENGAWAS DILINGKUNGAN PEMPROV JATIM TAHUN 2018

Selasa, 20 Maret 2018 - 18:26:22 WIB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Bidang Pengembangan - Dibaca: 849 kali

Assessment bagi jabatan pengawas dilingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali dilaksanakan pada awal tahun 2018 ini. Sebelumnya pada tahun 2016 Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur melaksanakan assessment bagi 72 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan 521 orang Pejabat Administrator. Kemudian pada tahun 2017 dari 1836 orang Pejabat Pengawas telah diassessment sejumlah 721 orang.

Pada awal tahun ini dilaksanakan assessment bagi 250 orang jabatan pengawas yang terbagi dalam 5 (lima) gelombang yaitu pada tanggal 20-22 Maret sejumlah 150 Orang dan pada tanggal 4-5 April sejumlah 100 orang.

Pemetaan profil kompetensi PNS menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh pengelola kepegawaian (dalam hal ini BKD). Karena ketika pengelola manajemen kepegawaian memiliki data profil kompetensi PNS maka kesalahan dalam perencanaan kepegawaian dapat dihindari. Dalam konteks itulah maka aktivitas pemetaan profil kompetensi pegawai menjadi relevan dalam implementasi manajemen SDM, baik dalam aktivitas perencanaan, pengembangan maupun penempatan pegawai. Oleh karena itu perlu dilakukan pemetaan profil kompetensi untuk kebutuhan manajemen SDM di Pemerintah Provinsi Jawa Timur. “Profil kompetensi PNS menjadi aspek kunci dalam proses pengambilan keputusan maupun dalam menajemen kepegawaian” (20/03), ujar Drs. Baktiyar Budiyo Ekwanto, MM Kepala Bidang Pengembangan BKD Prov. Jatim saat mewakili Plt. Kepala BKD Prov. Jatim untuk membuka kegiatan assessment tersebut.

Semoga pelaksanaan assessment ini dapat memotret profil kompetensi peserta secara objektif dan dapat mendukung Pemprov. Jatim dalam melakukan pemetaan pegawai sesuai dengan profil kompetensi yang dimiliki.[gb]