I  

INFO PENTING

Home | Bidang Perencanaan Pengadaan Pengolahan Data & SI

WORKSHOP PENYUSUNAN KEBUTUHAN ASN TAHUN 2018

Kamis, 12 April 2018 - 11:18:50 WIB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Bidang Perencanaan Pengadaan Pengolahan Data & SI - Dibaca: 962 kali

Malang (11/4/2018), Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan “Workshop Penyusunan Kebutuhan ASN Tahun 2018”. Acara yang dihadiri oleh 38 BKD Kabupaten/Kota se-Jawa Timur serta 55 Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur tersebut dimulai pada pukul 19.30 bertempat di Hotel Aria Gajayana Malang.

Pada awal kegiatan dilakukan penandatangan MoU antara Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur dengan PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Utama Surabaya, hal tersebut terkait bentuk kerjasama pada Layanan Klaim Otomatis utamanya PNS yang pensiun untuk memperlancar pencairan Tabungan Hari Tua dalam hal ini mengintegrasikan data dengan cara melengkapi scan berkas asli pada aplikasi e-MASTER (Manajemen ASN Terpadu) yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kepala Cabang Utama PT. Taspen (Persero) Surabaya Ahmad Muhtarom, dalam video yang ditayangkan dan disaksikan bersama dengan para hadiran menyampaikan “kerjasama ini dimaksud untuk memberikan kemudahan dan memperlancar pada PNS sehubungan dengan layanan-layanan yang dimiliki oleh PT. Taspen”. Dengan adanya integrasi layanan ini merupakan salah satu bentuk digitalisasi manajemen kepegawaian.

Selanjutnya disampaikan sambutan dari Plt. Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur, Bapak Anom Surahno, S.H., M.Si. terkait kegiatan yang sedang berlangsung, dimana beliau mengatakan “dalam siklus manajemen kepegawaian, perencanaan yang terdiri dari penyusunan dan penetapan kebutuhan pegawai merupakan landasan awal yang harus dilakukan untuk memperkuat tahapan manajemen kepegawaian selanjutnya” tandas Anom, sapaan akrab Plt Kepala BKD Prov. Jatim. Proses menyusun kebutuhan pegawai ASN perlu melakukan perhitungan secara logis dan teratur dari segala variabel yang ditentukan untuk dapat menentukan jumlah dan susunan pangkat Pegawai Negeri Sipil yang diperlukan oleh suatu satuan organisasi negara untuk mampu melaksanakan tugasnya secara berdayaguna, berhasil guna dan berkelanjutan.

Berikutnya paparan materi terkait Evaluasi seleksi CPNS Tahun 2017 dan Persiapan CPNS Tahun 2018, disampaikan oleh Dra. Heri Susilowati, MM selaku Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekruitmen ASN, dari Badan Kepegawaian Negara. Adapun materi dalam format powerpoint dapat diunduh pada link sebagaimana terlampir.

====================

Pada hari ke dua, materi dilanjutkan dengan paparan dari Drs. Syamsul Rizal, Kepala Bidang Perencanaan SDM Aparatur, Kementerian PAN-RB, yang membahas terkait Perencanaan Pengadaan CPNS di Tahun 2018. (raj-p3dasi)

Download Materi BKN

Download Materi Kemenpan