I  
Home | Bidang Perencanaan Pengadaan Pengolahan Data & SI

Hari ini, BKD memberikan materi “Tips Menghadapi Wawancara Kerja” kepada Mahasiswa S-1 Administrasi Rumah Sakit

Kamis, 15 November 2018 - 18:38:59 WIB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Bidang Perencanaan Pengadaan Pengolahan Data & SI - Dibaca: 1839 kali

Kamis (15-11-2018) Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur kembali memberikan materi sebagai dosen tamu kepada mahasiswa program studi S-1 Administrasi Rumah Sakit STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya. Kali ini materi yang disampaikan mengenai “Jabatan Administrator Kesehatan dan Tips Menghadapi Wawancara Pekerjaan”. Bertempat di ruang kuliah 2.4 lantai II, pada materi pertama dijelaskan terkait Jabatan Aparatur Sipil Negara yang salah satunya adalah Jabatan Fungsional Administrator Kesehatan. Syarat pengangkatan dalam jabatan menjadi bagian dari pembahasan yang disampaikan. Hal tersebut merupakan pengetahuan baru bagi mahasiswa program studi S-1 Administrasi Rumah Sakit. Selain itu juga dijelaskan terkait uraian tugas dan perhitungan angka kredit.

Pokok materi berikutnya disampaikan tentang Tips Menghadapi Wawancara Kerja, yaitu memberikan pemahaman serta tips sukses dalam wawancara. Dimulai pada tahapan persiapan, pelaksanaan hingga penutupan pada saat wawancara berlangsung. Bagaimana sikap ketika diwawancarai dan ketika wawancara berakhir, apa yang harus dilakukan juga menjadi materi yang dibahas.

Di akhir sesi perkuliahan, dilakukan simulasi mengenai proses wawancara pada saat melamar pekerjaan. Diwakili oleh 3 orang mahasiswa yaitu Lukman, Aurora dan Rinda diajukan beberapa pertanyaan wawancara yang sering muncul serta tips bagaimana menjawab pertanyaan tersebut. Salah contoh pertanyaan adalah mengenai Konsep Diri, seperti “Apa yang menjadi tujuan Anda melamar pekerjaan ini?”. Ketiga mahasiswa tersebut mencoba menjawab pertanyaan dan BKD Prov. Jatim selaku Dosen Tamu pada acara tersebut memberikan gradasi pilihan jawaban kateggori Baik, Sedang ataupun Rendah. Jika mampu menjawab dengan kriteria “Menjelaskan tujuan jangka panjang untuk kepentingan luas (dibandingkan diri sendiri) dengan menyebutkan juga target-target jangka pendek” hal tersebut merupakan contoh jawaban kategori Tinggi pada pertanyaan Konsep Diri.

Sebagaimana diungkapkan oleh Francois, Duc de La Rochefoucauldd  berkaitan dengan tips sukses menghadapi wawancara, bahwasannya “Mendengarkan dengan baik dan menjawab dengan baik adalah salah satu penyempurnaan terbesar yang dapat diperoleh dalam percakapan” (Raj-P3DaSI)

 

untuk materi yang disampaikan, bisa diunduh pada tautan di bawah ini


Download : Jabatan Adminkes dan Tips Menghadapi Wawancara Kerja - S1 Administrasi RS STIKES Soetomo.pptx (426 kali)