I  

INFO PENTING

Home | Sekretariat

PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN PEJABAT FUNGSIONAL DI LINGKUNGAN PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2019

Selasa, 03 September 2019 - 14:11:25 WIB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Sekretariat - Dibaca: 604 kali

Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur Melaksanakan Kegiatan Pengambilan Sumpah Dan Pelantikan Pejabat Fungsional Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada tanggal 2 September 2019 di Aula Abdi Praja Kantor Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur Jl. Jemur Andayani I Surabaya.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur Anom Surahno, S.H,. M,Si,. Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, berikut tamu undangan serta pejabat yang akan di ambil sumpah dan di lantik menjadi Pejabat Fungsional.

Pelantikan dan sumpah pejabat fungsional merupakan amanah dari Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, pasal 87 bahwa setiap PNS yang diangkat menjadi pejabat fungsional wajib dilantik dan diambil sumpah/janji menurut agama atau kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 7 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah / Janji Jabatan Administrator, Jabatan Pengawas, Jabatan Fungsional, dan Jabatan Tinggi Pratama, romawi II huruf B nomor 1 pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan fungsional PNS dilakukan paling lambat 30 hari kerja sejak keputusan pengangkatan ditetapkan. Pelantikan dan pengangkatan sumpah/janji Jabatan dilakukan terhadap PNS yang diangkat menjadi pejabat fungsional melalui pengangkatan pertama, perpindahan dari Jabatan lain dan penyesuaian/inpasssing.

Kegiatan ini diikuti oleh 11 orang Pejabat Fungsional yang terdiri dari 6 orang Pejabat Fungsional yang berasal dari Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur serta 5 orang pejabat dari OPD lain di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Badan Kepegawaian Daerah juga turut mengundang 2 rohaniawan yang berasal dari KEMENAG Wilayah Provinsi Jawa Timur antara lain Rohaniawan Islam dan Rohaniawan Katolik sebagai Pendamping Pengukuh para Pejabat Fungsional yang akan di ambil sumpahnya.

Dalam sambutannya pada kegitan ini, kepala BKD Provinsi Jawa Timur memberikan selamat serta memberikan semangat kepada pejabat yang baru di lantik agar selalu menjadi ASN yang profesional dan melaksanakan tugas yang telah diamanatkan oleh negara kepada masing masing-masing ASN karena tantangan di masa depan semakin ketat sehingga para ASN harus lebih maksimal dalam memberikan pelayananan kepegawaian serta membuat inovasi agar pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal lagi. Kepala BKD juga menuturkan bahwa jabatan fungsional yng sekarang jumlahnya sekita 116 jabatan dan akan terus bertambah jumlahnya sehingga ASN di masa depan akan di tuntut lebih cepat dan flexible. Kepala BKD juga berpesan bahwa pengambilan Sumpah dan Pelantikan pejabat, bukanlah  sekedar  acara   seremonial  melainkan  mengandung makna  sebuah  pengukuhan  terhadap  tugas  dan  amanat  yang telah dipercayakan oleh negara kepada pejabat fungsional yang dilantik, sehingga kepada pejabat yang baru dilantik, seharusnya amanat tersebut diterima dengan rasa tanggungjawab disertai dedikasi, integritas, dan sikap profesionalisme sebagai wujud pengabdian serta pelayanan kepada masyarakat, bangsa, dan Negara.