Jingle
CPNS Jatim 2024

Layanan Rumah ASN
Konsultasi Online

Pelatihan Aplikasi e-Formasi SKPD Pemprov Jatim


Kamis, 05-03-2015 , Jam 13:25:43 WIB / dibaca: 3297 kali / Bidang Pengembangan


SURABAYA, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur melaksanakan Pelatihan Aplikasi  e-Formasi bagi SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Acara dihadiri oleh 72 SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang terbagi dalam 2 sesi pelatihan yaitu pada tanggal 2 dan 3 Maret 2015. Pelatihan e-formasi merupakan tindak lanjut dari Workshop Penyusunan Bezetting dan Optimalisasi Kebutuhan Pegawai ASN berbasis e-Formasi Tahun 2015 di Graha Wiyata Praja Badan Diklat Provinsi Jawa Timur pada tanggal 12-13 Februari yang lalu.

Peserta sangat antusias mengikuti acara Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari di Ruang Komputer Bidang Forbang BKD Prov. Jatim tersebut. Namun disisi lain peserta mengeluhkan ketiadaan buku panduan pengisian aplikasi e-formasi dari Kemenpan-RB. “Kalau ada bukunya (panduan) akan lebih mudah”, ungkap salah seorang peserta pelatihan.

Dalam acara yang dibuka langsung oleh Eka Agus Tjahjono, SH, M.Si (Kepala Bidang Formasi dan Pengembangan Pegawai BKD Prov. Jatim) ini, juga diadakan launching aplikasi PTT-PK (Pegawai Tidak Tetap dengan Perjanjian Kerja) yang diperuntukkan bagi Pegawai Tidak Tetap Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Aplikasi ini memudahkan BKD Prop. Jatim dalam menyediakan data yang tepat dan akurat serta melaksanakan fungsi kontrol terhadap keberadaan PTT di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Materi disampaikan oleh Kasubbid Formasi dan Pengadaan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur. Dalam materinya, Hasyim Asyhari menerangkan “Ini merupakan salah satu bentuk komitmen kita bersama untuk menyelesaikan e-Formasi pada akhir  bulan April (2015) mendatang”. Untuk diketahui, aplikasi e-formasi nantinya akan menjadi dasar usulan formasi Tahun 2015. Seluruh usulan formasi CPNS diharuskan melalui aplikasi yang dibangun oleh Kemenpan-RB tersebut.

Dari pelatihan aplikasi e-formasi tersebut sebanyak 80% SKPD di Lingkungan Pemerintah Propinsi Jawa Timur telah menyelesaikan isian struktur organisasi dari masing-masing instansi. Sebagai tindak lanjut dan pendampingan berikutnya, BKD Prov. Jawa Timur rencananya akan mengadakan pelatihan lanjutan pada tanggal 18-19 Maret 2015. (yud/forbang)