Jingle
CPNS Jatim 2024

Layanan Rumah ASN
Konsultasi Online

Penguatan Mental Rohani dan Peningkatan Etos Kerja Bagi Anggota KORPRI di lingkungan Pemprov Jatim dan Kab/Kota se-Jatim tahun 2022


Rabu, 22-06-2022 , Jam 14:49:39 WIB / dibaca: 907 kali / Bidang Pembinaan, Kesejahteraan dan Perlindungan Hukum


Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur mengadakan acara seminar bertajuk Penguatan Mental Rohani dan Peningkatan Etos Kerja Bagi Anggota KORPRI di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur pada tanggal 21-22 Juni 2022 di Grand Mercure Hotel Surabaya City.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menanggapi banyaknya berita negatif seputar tindakan indisipliner para ASN di berbagai platform media, di antaranya korupsi, pelanggaran moral dan etika seperti perbuatan asusila dengan rekan kerja.

“Secara tidak langsung, bila dibiarkan berlarut-larut maka kepercayaan masyarakat terhadap instansi Pemerintah pun menurun,” ujar Indah Wahyuni, S.H, M.Si selaku Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur.

Untuk itu, acara yang bertemakan “Penguatan Human Capital demi Mewujudkan Organisasi yang Agile, Fleksibel dan Kolaboratif” ini diharapkan mampu mendorong para anggota KORPRI untuk selalu mengembangkan diri menjadi pribadi lebih baik, menjadi sosok ASN ideal sesuai dengan program Pemerintah Pusat yang mendapat dukungan penuh Ibu Gubernur Jawa Timur yakni Rencana Program Jangka Menengah tahun 2020-2024 Birokrasi Berkelas Dunia.

“Para ASN diharapkan memiliki karakteristik berikut yakni memiliki integritas, nasionalisme kuat, profesionalisme, berwawasan global, mengikuti perkembangan dunia IT dan Bahasa Asing, keramahan atau hospitality, jaringan kuat atau networking dan entrepreneurship,” imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Mohammad Ridwan, S.T, M.Eng selaku Kepala Kantor Regional II BKN Surabaya juga sepakat bahwa sebagai sosok percontohan di masyarakat, anggota KORPRI dituntut mampu atau paling tidak memahami satu Bahasa Asing untuk memudahkan diri sendiri saat mengikuti perkembangan zaman dunia. “Dunia IT dan media sosial selalu berkembang. Kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja lewat aplikasi Zoom dan sebagainya. Ruang untuk berkomunikasi sangat luas. Mau tidak mau jika tidak ingin digilas zaman harus jadi yang lebih baik dari sebelumnya,” tandas Ridwan yang juga menjadi narasumber di acara ini.

Harapannya, acara ini dapat meningkatkan pemahaman jiwa korsa dan memberikan motivasi kepada anggota KORPRI (ASN) dalam rangka peningkatan kualitas serta sebagai upaya pewujudan birokrasi berkelas dunia dan pelayanan publik yang kompetetif. Perubahan sistem kerja serta tata kelola organisasi harus didukung oleh kesiapan setiap pegawai ASN dalam membekali diri dengan kompetensi yang dibutuhkan. Perwujudan organisasi yang agile harus terlebih dahulu didukung oleh pegawai yang agile dan siap menghadapi perubahan-perubahan serta tuntutan masyarakat. Pelatihan ini juga bertujuan sebagai upaya untuk memastikan agar Pegawai Negeri Sipil mampu menjalankan perannya dengan baik dalam merespon segala perubahan yang ada di di masyarakat.

Materi dapat di unduh pada link di bawah ini.

Download File ( 159 kali )