Jingle
CPNS Jatim 2024

Layanan Rumah ASN
Konsultasi Online

Workshop Pemberdayaan ASN melalui Coaching, Mentoring dan Counselling dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi di lingkungan Biro SDMA Sekretariat Jenderal DPR RI


Jumat, 12-07-2024 , Jam 13:31:24 WIB / dibaca: 16 kali / Bidang Pembinaan, Kesejahteraan dan Perlindungan Hukum


Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur menerima undangan Biro Sumber Daya Manusia Aparatur Bagian Manajemen Kinerja dan Informasi ASN Sekretariat Jenderal DPR-RI terkait pelaksanaan workshop pemberdayaan ASN melalui coaching, mentoring dan counselling dalam meningkatkan Kinerja Organisasi sebagai pemateri pada hari Kamis, 11 Juli 2024 di Holiday Inn Express Surabaya Center Point Surabaya.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan dari BKD Jatim, Adina Fibriani, SE., M.Ak selaku Kepala PKPH ASN mengungkapkan bahwa sistem pemberdayaan ASN dalam meningkatkan kinerja organisasi di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur sudah dilaksanakan melalui aplikasi Si-Master ketika mengerjakan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) di tiap bulannya yang sudah terintegrasi dengan SIASN.

“Selain atasan langsung yang menilai pegawai, para staf juga dapat menilai dirinya sendiri lewat menu self-assessment dengan indikator core values BERAKHLAK. Hal ini untuk meminimalisir adanya penilaian subyektif, tidak ada unsur like-dislike dalam memberikan penilaian” ujar Adina.

Ia menambahkan apabila staf tidak puas dengan penilaian pimpinan, maka dapat terjadi dialog kinerja di antara dua belah pihak.
Adina menambahkan, proses coaching, mentoring dan counselling bisa dilakukan kapan saja bila diperlukan. “Jika terkait kinerja maka yang berhak menjadi coach adalah atasan langsung karena yang memberikan penilaian kinerja adalah atasan langsungnya yang kemudian bisa dilanjutkan dengan konseling apabila dibutuhkan. Sedangkan mentor boleh dari orang profesional yang memahami terkait gap kinerja atau gap kompetensi pada suatu organisasi, ketika pegawai mengalami masalah individu maka boleh mendatangi konselor untuk melakukan konsultasi terkait permasalahannya,” kata Adina.